Minggu, 18 Desember 2011

Komponen Display Theory (CDT) M. David Merrill



Dr, Merrill meraih gelar MBA dari Brigham Young University pada tahun 1961, gelar Ph.D dari University of Illinois pada tahun 1964. Dia telah menulis 12 buku dan banyak artikel, laporan teknis, dan buku. Dia bergabung dengan fakultas di Utah State University tahun 1987 dan terus melakukan penelitian di sana. yang paling terkenal kontribusi Merrill untuk merancang pembelajaran adalah Component Display Theory (CDT) yang didasarkan pada asumsi yang sama seperti yang teori Gagne, bahwa kelas yang berbeda dari hasil pembelajaran memerlukan prosedur yang berbeda untuk mengajar dan penilaian.
M. David Merrill Component Display Theory (CDT) (1983) menggambarkan unsur-unsur mikro instruksi (ide tunggal dan metode untuk mengajar mereka).
CDT terdiri dari tiga bagian:
  • Sebuah kinerja / isi dimensi terdiri dari tingkat kinerja yang diinginkan siswa dan jenis konten.
  • Empat bentuk presentasi primer
  • Satu set resep yang berkaitan tingkat kinerja dan jenis konten ke bentuk presentasi.
Merrill lebih lanjut mengklasifikasikan belajar menjadi dua dimensi:
1.         Konten/ isi, yang terdiri dari fakta-fakta, konsep, prosedur, dan prinsip-prinsip. Konten berkisar dari fakta-fakta, yang merupakan bentuk yang paling dasar konten, prinsip-prinsip. Ini adalah informasi yang aktual untuk dipelajari. Empat jenis konten dalam teori tampilan komponen:
a.       Fakta , secara logis terkait potongan informasi. Beberapa contoh adalah nama, tanggal, dan peristiwa.
b.      Konsep - simbol, peristiwa, dan benda-benda yang memiliki karakteristik dan ditunjukkan oleh nama yang sama. Konsep membuat sebagian besar bahasa dan pemahaman mereka merupakan bagian integral komunikasi.
c.       Prosedur - satu set langkah memerintahkan, sequencing untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan.
d.      Prinsip - bekerja melalui baik dan--efek penyebab atau hubungan. Mereka menjelaskan atau memprediksi mengapa sesuatu terjadi dengan cara tertentu.
2.         Kinerja, terdiri dari mengingat, menggunakan, dan generalisasi. Kinerja diklasifikasikan dengan mengingat sebagai bentuk yang paling sederhana kinerja, untuk menemukan (yang umum) yang paling maju. Kinerja adalah cara di mana pelajar menerapkan konten. Ketiga jenis kinerja adalah:
    1. Mengingat  : pelajar diperlukan untuk mencari dan mengambilnya dari memori item tertentu dari informasi, atau memori dan mengingat informasi konten
    2. Menggunakan/aplikasi : pelajar langsung menerapkan informasi untuk kasus tertentu, atau di mana siswa dipanggil untuk menunjukkan beberapa penggunaan praktis untuk konten.
    3. Menemukan/menggeneralisasikan : pelajar menggunakan informasi untuk memperoleh abstraksi baru (konsep, prinsip, dll), atau  di mana siswa menggunakan informasi yang induktif untuk menghasilkan sebuah abstraksi baru, konsep, atau prinsip.Dengan membentuk matriks menggunakan dua dimensi isi dan kinerja, instruktur menentukan elemen-elemen pada matriks adalah tujuan untuk pelajar:



Sederhana Matrix

Fakta
Konsep
Prosedur
Prinsip
Mengingat




Menggunakan




Temuan




Teori ini juga mengidentifikasi empat bentuk presentasi primer:
  • Aturan
  • Contoh
  • Mengingat kembali
  • Praktek
Dan beberapa bentuk presentasi sekunder:
  • Prasyarat
  • Tujuan
  • Membantu
  • Ilmu tentang cara menghafal
  • Umpan balik
Matriks sudah diatur untuk menentukan tingkat kinerja yang diperlukan untuk area konten. Untuk setiap kategori dalam matriks, dapat diasumsikan dalam CDT bahwa ada kombinasi bentuk presentasi primer dan sekunder yang akan memberikan akuisisi yang paling efektif dan efisien keterampilan dan pengetahuan yang tersedia. CDT menetapkan instruksi yang lebih efektif bila mengandung semua bentuk primer dan sekunder yang diperlukan. Dengan demikian, pelajaran yang lengkap akan terdiri dari obyektif, diikuti oleh beberapa kombinasi aturan, contoh, ingat, praktek, umpan balik, membantu, dan mnemonik sesuai dengan materi pelajaran dan tugas belajar.  
Aplikasi CDT dalam proses pembelajaran :
1.    Merancang model pembelajaran, yang sesuai dengan mata pelajaran yang akan diajarkan dan melihat juga pada kondisi siswa

2 komentar: